Kenali Tools Visualisasi Data yang Populer

  • Whatsapp

Kapasitas otak manusia sangat baik dalam memproses informasi secara visual. Bahkan otak manusia lebih cepat memproses informasi gambar dibandingkan teks. Oleh karena itu manusia disebut dengan makhluk visual. Begitu pula dalam hal pemahaman data. Jika ditampilkan dalam bentuk visual tentu akan memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data. Maka dari itu kita perlu memahami tools visualisasi data yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita.

Read More

Visualisasi data merupakan salah satu proses penting dalam penelitian. Hasil analisis data yang divisualisasikan dengan baik, menarik serta informatif tentunya akan memudahkan pembaca serta memiliki daya tarik tersendiri. Visualisasi data akan mudah dibuat dengan menggunakan tools-tools yang sesuai dan yang sesuai dengan kemampuan kita dan tujuan visualisasi data kita. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tools yang populer digunakan oleh data scientist.

1. Tableau

Tableau merupakan aplikasi atau software yang mempercepat dan memudahkan kita dalam hal visualisasi data. Tableau sangat mendukung bagi seseorang yang pekerjaannya menganalisis informasi bisnis. Dengan menggunakan tableau, tampilan visual dari hasil analisis kita akan lebih menarik serta lebih mudah dimengerti. Tableau memiliki beberapa fungsi seperti menerjemahkan data menjadi bentuk visualisasi, mengelola metadata, mengimpor berbagai ukuran dan range data serta membuat visualisasi data tanpa coding.

Baca juga : Belajar Python Pemula : Pahami Beberapa Poin Berikut Sebelum Melakukan Visualisasi Data Menggunakan Matplotlib! untuk-hasilkan-visualisasi-data

2. Microsoft Excel

Pada zaman sekarang, siapakah yang tidak mengenal microsoft excel? Hampir sebagian besar orang terutama yang sudah terbiasa menggunakan komputer sangat kenal dengan microsoft excel. Selain untuk tabulasi data maupun perhitungan, Excel juga dapat digunakan untuk proses visualisasi data. Kita dapat memilih diagram atau chart apa yang sesuai dengan hasil analisis data kita. Tentunya cara menggunakannya cukup mudah dan jika belum mengerti saat ini sudah banyak orang yang membagi tutorial membuat visualisasi data dengan Excel.

3. Plotly

Plotly merupakan salah satu tools analisis data yang bersifat open source, interaktif serta berbasis website. Plotly memiliki keunggulan utama dalam hal membuat visualisasi multi grafis ketika membandingkan berbagai dataset. Plotly merupakan salah satu library dalam Python dan R yang kompatibel dan hampir mirip dengan matplotlib, plot garis, diagram batang dan lain-lain. Namun, plotly menawarkan lebih banyak penyesuaian dibandingkan dengan matplotlib dan seaborn yang lebih terkenal.

4. Keylines

Keylines merupakan tools visualisasi data yang berbasis JavaScript. Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua browser, perangkat, server dan database. Selain itu keylines membebaskan pengguna untuk menyaring, analisis jaringan sampai dengan menggabungkan node atau titik. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin memisahkan link untuk memperlihatkan pola dari anomali data yang ditampilkan.

Baca juga : Cara Membuat Visualisasi Data Trends dengan Excel

5. Profesi Terpopuler di Era Milenial

Profesi data scientist menjadi salah satu profesi yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Untuk menjadi seorang data scientist pun kita harus memiliki beberapa keterampilan dan keahlian seperti ilmu statistik dan bahasa pemrograman. Semua itu bisa kamu dapatkan di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan muali mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!

Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sumber : DQLab

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.