Memahami Integrasi Data Di Era Digital Transformation

  • Whatsapp

Di era digital transformation seperti sekarang ini, tentunya setiap perusahaan atau start up tentu memiliki data baik dalam skala kecil maupun besar. Istilah data terintegrasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan data merupakan aset yang penting bagi perusahaan, dan banyak pelaku bisnis yang berbondong-bondong mengintegrasikan data mereka dengan tujuan mendapatkan analisa untuk pertimbangan berbagai macam keputusan.

Read More

Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Pada artikel kali ini, DQLab akan menjabarkan alasan pentingnya teknologi integrasi data di era digital transformasi. Yuk simak penjelasannya!

 

1. Definisi Integrasi Data

Integrasi data adalah sebuah proses menggabungkan atau mengkombinasikan dua atau lebih data dari sumber yang berbeda-beda. Data yang kita dapatkan dari berbagai sumber tentunya memiliki karakteristik maupun format yang bermacam-macam. Data yang kita dapatkan seperti itu tentunya tidak bisa kita olah begitu saja. Oleh sebab itu kita perlu mengintegrasi data tersebut. Integrasi data merupakan salah satu tahapan yang fungsinya untuk memperbaiki kualitas data sebelum data tersebut diolah.

Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid

 

2. Jenis Integrasi Data 

Penggabungan data terjadi dengan mengkoordinasikan aliran kejadian informasi antara aplikasi bisnis. Aplikasi yang melayani harus memiliki fasilitas untuk berintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Proses bisnis dapat tercapai jika adanya koordinasi pada setiap aktivitas pada sistem, dan integrasi ini pun tidak terlepas dengan adanya integrasi aplikasi.

Pembuatan antar muka pengguna yang memberikan penggabungan antar sistem yang berbeda.

 

3. Alasan Pentingnya Integrasi Data

Bagi perusahaan yang ingin mendapatkan informasi lebih cepat untuk masa depan usahanya, maka melakukan integrasi data ini sangat penting. Dengan data terintegrasi ini, misalnya, perusahaan bisa mengetahui informasi dengan cepat berapa penjualan produk hari ini atau berapa banyak sebuah marketing menarik minat pelanggan. Ada beberapa manfaat yang diperoleh perusahaan yang melakukan integrasi data karena beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya, mempermudah dalam proses menganalisa untuk pengambilan keputusan, sharing data antar lingkungan kerja, dan terhindar dari adanya duplikat data.

 

Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri

 

 

4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Sumber : DQLab

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *